Penyebab Flek Hitam Di Wajah dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Flek Hitam Di Wajah dan Cara Menghilangkannya - Flek hitam tidak melulu disebabkan oleh jerawat, tapi biasanya juga disebabkan oleh hal lain. Seperti, hiperpigmentasi atau bisa kita sebut daerah kulit yang membentuk zat melanin berlebih. Apakah melanin itu ? melanin merupakan zat yang memberi warna pada kulit. Nah, biasanya daerah kulit yang mengalami hiperpigmentasi adalah daerah kulit yang telah rusak. Banyak yang berpengalaman, bisa menghilangkan flek hitam dengan cara pengobatan ala rumahan, seperti menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan jeruk nipis, atau cara alami lainnya. Tapi untuk Anda yang tidak mau repot, Anda juga bisa menemui dokter kulit untuk menghilangkannya.

penyebab flek hitam di wajah dan cara menghilangkannya

 

Penyebab Flek Hitam Di Wajah


Hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi disebabkan muncul ketika kulit sudah rusak dibagian tertentu. Nah, hal ini menyebabkan kulit memproduksi melanin yang berlebih atau berkurang, sehingga membuat kulit dibagian tertentu lebih gelap.

Ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang seperti saat hamil atau pada masa pubertas dapat memicu over pigmentasi pada sel sehingga menimbulkan flek hitam.

Paparan berlebih oleh sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit juga dapat menyebabkan kulit memproduksi zat melanin yang berlebih untuk melindungi diri dari sinar UV, sehingga dibagian tertentu flek hitam dapat muncul.

Gangguan kulit. Rata-rata banyak orang yang rentan terhadap munculnya flek hitam dikarenakan oleh faktor usia yang menyebabkan gangguan kulit lebih banyak, sehingga warna kulit tidak terproduksi secara seimbang, apalagi pada bagian kulit yang telah rusak.

Kerusakan hati. Poin ini merupakan penyebab klasik dimana flek hitam dapat terjadi dikarenakan organ hati yang rusak, biasanya hal ini dapat terjadi pada penderita hepatitis atau penyakit liver. 

Bekas jerawat. Ya, kita semua sudah mengetahuinya bahwa jika jerawat sudah sembuh bisa meninggalkan bintik gelap atau flek hitam, biasanya flek hitam bekas jerawat akan memudar dengan sendirinya, walau dalam jangka waktu yang lama.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami


Gunakan Tabir Surya

Gunakan secara rutin produk tabir surya yang berbahan alami. Jangan lupa gunakan pula setiap kita hendak keluar rumah, bahkan gunakan pula pada musim dingin, hujan, panas, maupun kemarau. Nah, hal ini dapat membantu mencegah pembentukan flek hitam akibat sengatan sinar matahari. Tidak hanya tabir surya untuk tubuh, tabir surya khusus untuk wajah juga wajib digunakan. Oleskan tabir surya 30 menit sebelum  kita keluar rumah agar tabir surya dapat terserap baik oleh kulit. Carilah produk tabir surya yang memiliki kandungan zinc oxide dan titanium oksida karena produk tersebut lebih efektif.

Melalui Vitamin

Vitamin E. Mengoleskan vitamin E cair langsung pada flek hitam sebelum tidur maka akan memberikan kulit nutrisi antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu memperbaiki warna kulit. Gunakan vitamin E cair dan oleskan isinya pada daerah yang mengalami flek hitam.

Vitamin C. Meningkatkan asupan vitamin C pada tubuh juga dapat membantu mengurangi produksi melanin, sehingga flek hitam dapat berkurang. Tingkatkan mengkonsumsi buah-buahan seperti stoberi, jeruk dan makanan lain yang dikenal memiliki banyak kandungan vitamin C yang efektif.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Bahan-Bahan Alami


Minyak Jarak. Mengoleskan minyak jarak pada kulit dua kali sehari dapat memutihkan kulit yang mengalami flek hitam secara alami. Oleskan minyak jarak dengan cara dipijat lembut gerakan melingkar di daerah yang terkena flek hitam.

Teh Hijau. Menerapkan ampas teh hijau pada kulit akan memberikan nutrisi antioksidan yang tinggi, sehingga akan membantu menghilangkan radikal bebas. Selain itu, jika kita rutin meminum teh hijau, maka akan membantu tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen yang sehat.

Susu. Oleskan susu dengan bola kapas pada flek hitam. Lalu, diamkan selama 8 - 10 menit sebelum dicuci. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin selama 6 minggu dua kali sehari, maka bercak-bercak hitam dan flek hitam pun akan menghilang.

Lidah Buaya. Menggosok gel lidah buaya pada flek hitam 1 - 2 kali setiap hari selama beberapa minggu maka dapat menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Pilihan cara lainnya. Kita bisa menggunakan air nanas, madu, lobak, yoghurt, mentimun, kentang, kunyit, pepaya, atau tomat untuk memudarkan flek hitam. Tentu gunakan salah satu dari deretan daftar buah tersebut. 

Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Masker Alami


Masker bubuk cendana. Buatlah ramuan dari gliserin, bubuk cendana, dan air mawar. Lalu oleskan pada wajah sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam atau bintik gelap. Madu atau susu dapat digunakan sebagai pengganti air mawar, jika tidak ada.

Masker madu dan gula merah. Buatlah ramuan masker alami dari madu dan bubuk gula merah. Terapkan pada wajah atau daerah kulit yang terkena flek hitam setiap dua minggi sekali, maka secara bertahap sel-sel kulit mati dan flek hitam akan menghilang.

Air jeruk nipis. Mengoleskan air jeruk nipis pada flek hitam selama dua minggu berturut-turut setiap hari maka akan membantu memudarkan flek hitam. Campurkan pula air lemon dengan sari cuka, lobak atau madu agar lebih efektif, pilihlah salah satunya. Ramuan ini sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar